Profil Singkat SMA Masjid Syuhada

Foto: Ruang Kelas SMA MS

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Beberapa orang tua yang mendaftarkan putra-putrinya ke SMA Masjid Syuhada bertanya tentang kurikulum dan bagaimana proses pembelajaran akan dilakukan di SMA Masjid Syuhada. Untuk itu kami merasa perlu untuk menguraikan tentang kedua hal tersebut sebagai berikut.

Tujuan Umum.

Secara umum pendidikan di SMA Masjid Syuhada ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan di bidang Akhlakul karimah/karakter, Tahfidz Qur’an, Akademik, dan Skill (soft skills) disingkat dengan akronim A-T-A-S. Dengan memiliki keunggulan tersebut, para lulusan diharapkan mampu untuk meraih sukses dalam kehidupannya yang akan datang.

Target Capaian Lulusan:

  • Hafal Al-Qur’an 5 Juz

  • Skor TOEFL 500

  • Skor Test Potensi Akademik (TPA) 500

  • Diterima di PTN

Kurikulum SMA Masjid Syuhada

Untuk mencapai keunggulan A-T-A-S tersebut, kurikulum SMA Masjid Syuhada didisain secara khusus dengan memadukan kurikulum nasional dan Framework for 21st Century Learning, yang menekankan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan siswa untuk berhasil di dunia saat ini. Dengan

kurikulum khusus ini, murid-murid SMA MS bukan hanya berkembang karakter (ahlak), kompetensi al-Qur’an, dan pengetahuan saja tetapi juga berbagai soft skills yang dibutuhkan untuk kehidupannya dimasa depan. Soft skills tersebut meliputi: life & innovation skills – 4Cs (critical thinking & problem solving, creativity, communication, collaboration), Information, Media, & Teknology Skills, serta life & Career Skills, seperti leadership dan entrpreneruship.

Mata pelajaran utama dan tema

Penguasaan mata pelajaran utama dan tema abad ke-21 sangat penting bagi semua siswa.Mata pelajaran utama meliputi: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi), Ilmu Pengetahuan Sosial (Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi), Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Informatika, Seni Budaya dan Prakarya, Muatan Lokal (Bahasa Jawa dan Bahasa Arab).

Tema Abad ke-21 meliputi: kesadaran global, literasi keuangan, ekonomi, bisnis, dan kewirausahaan, literasi kewarganegaraan, literasi kesehatan, dan literasi lingkungan. Tema-tema tersebut disajikan terintegrasi kedalam materi matapelajaran utama.

Model Pembelajaran.

Model pembelajaran yang digunakan menekankan pada: guru sebagai fasilitator pembelajaran, keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, pemenuhan beragam kebutuhan belajar semua siswa, pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar dan menyediakan akses ke sumber daya yang lebih luas serta mengembangkan literasi siswa dalam pemanfaatan informasi, media, dan teknologi, dan berkembangnya ketrampilan 4Cs.

Model pembelajaran yang digunakan antara lain: Discovery Learning, Inquiry-Based Learning, Problem-Based Learning, Project-Based Learning, Cooperative Learning, Team-Based Learning.

Assessment/Penilaian:

  • Assessment menekankan pada mengukur kemampuan siswa dalam berfikir kritis, kreatif, dan mentransfer pengetahuan untuk memecahkan masalah atau higher order thinking skills (HOTS)

  • Assessment dilakukan menggunakan berbagai metode, termasuk test, praktik, proyek, presentasi, dan aktivitas pemecahan masalah.

Keterampilan Hidup dan Karier/Karakter

Kehidupan dan lingkungan kerja masa kini membutuhkan lebih dari sekadar keterampilan berpikir dan pengetahuan konten. Namun, juga memerlukan karakter sebagai bagian dari keterampilan hidup dan karier. Karakter tersebut meliputi:

  • Bersikap fleksibel dan mudah beradaptasi dengan perubahan.

  • Memiliki inisiatif dan kemampuan bekerja secara mandiri.

  • Keterampilan Sosial dan Lintas Budaya.

  • Produktivitas dan Akuntabilitas.

  • Kepemimpinan dan Tanggung Jawab.

Disamping itu sifat-sifat utama Rasulullah SAW seperti: Shiddiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan), dan Fathonah (cerdas) juga ditumbuh kembangkan melalui berbagai kegiatan, kebiasaan (habit) dan kultur sekolah.

Kegiatan Ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler diadakan untuk mendukung tercapainya lulusan dengan keunggulan tersebut diatas. Kegiatan ekstrakurikuler meliputi:

Pendidik/guru

Pendidik/guru di SMA MS terdiri dari pendidik profesional dan mayoritas berpendidikan S2 (magister) sesuai dengan matapelajaran yang diampunya.

Kolaborasi dengan lembanga pendidikan lain dan dunia usaha.

Untuk mencapai tujuan pendidikan dengan keunggulan A-T-A-S tersebut diatas, SMA Masjid Syuhada sudah menjalin kerjasama yang tertuang dalam MOU dengan beberapa lembaga dibawah ini.

Dengan slogan “An Islamic School For 21st-Century Leaders”, SMA Masjid Syuhada membekali murid-murid dengan karakter, pengetahuan, dan ketrampilan/soft skills yang dibutuhkan oleh mereka untuk menjadi insan mulia dan sukses dikehidupan masa depannya.

Semoga Allah memberikan ridha, karunia, dan pertolongan-Nya kepada kita semua untuk mewujudkan tujuan pendidikan SMA Masjid Syuhada. Aamiin.

Dr. Kusworo, S.Pd., M.Hum.

Kepala SMA Masjid Syuhada